Selasa, 07 Mei 2013

HIKMAH PERNIKAHAN DALAM ISLAM


HIKMAH PERNIKAHAN DALAM ISLAM

Hikmah Pernikahan dalam Islam – Sudahkah kita merenungi hikmah sebuah pernikahan? Tentunya banyak hal yang direnungkan dan dipikirkan sebelum kita menuju arah yang lebih jauh dalam menentukan langkah hidup. Dan diantaranya adalah memahami hikmah yang dalam dari sebuah pernikahan. Menikah bukan sekedar perjalanan hidup untuk menghasilkan keturunan ataupun proses rotasi dari sebuah kehidupan duniawi, namun lebih dari itu pernikahan memiliki makna yang dalam. Begitupun dalam pandangan Islam pernikahan memiliki hikmah bagi jalan seseorang untuk mencapai kesempurnaan dalam beribadah kepada Rabnya.
Didasarkannya manusia menjadi mahkluk yang mulia, menjadikan setiap langkahnya menuju sebuah perjalanan  yang mengandung nilai-nilai rohaniah. Diciptakannya akal dan pikiran menjadikan manusia lebih tinggi derajatnya dibandingkan mahkluk lainnya di muka bumi ini. Hingga Allah pun menciptakan manusia berlainan jenis dan saling berpasang-pasangan untuk melengkapi diantaranya. Sebelum memasuki proses saling melengkapi inilah, manusia diberikan ruang yang luas untuk memahami akan makna dan hikmah yang terkandung didalamnya. Berikut ini beberapa hikmah ditinjau dari kaidah pandangan Islam yang dapat kita petik untuk menjadi acuan dalam kita mengarungi bahtera rumah tangga.
1.Sebagai bagian dari sebuah perjalan ibadah yaitu respon thd perintah Allah melalui ayat suciNya (Qs An Nuur:32).
2.Pahala yang besar bagi yang menikah sesuai dengan janji Allah.
3.Adanya penjagaan diri, dimaksudkan untuk manusia dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan atau godaan setan untuk masuk ke dalam lembah dosa.
4.Langgengkan keturunan, dimaksudakan untuk menciptakan generasi-generasi baru sebagai ahli waris dan penerus syiar.
5.Cukupi kebutuhan wanita.
6.Raih ketenangan cinta dan kasih sayang sesuai yang tercantum dalam surat (Q Ar Rum:21)
7.Terciptanya hubungan kekeluargaan diantara 2 keluarga besar.
8.Peroleh keturunan.
9.Hindarkan masyarakat dari kemerosotan moral.
10.Dapat menjadi sebab datangnya rizki. “Jika mereka miskin, Allah akan mengayakan mereka dengan Karunia-Nya..”(QS an Nur:32)
Mungkin tadi sekilas hikmah yang terkandung dalam sebuah pernikahan yang sakral. Tentunya masih banyak hikmah yang dapat kita raih dari sebuah pernikahan. Namun begitu pernikahan merupakan sebuah cita-cita suci dari setiap insan dalam mengarungi bahtera kehidupan di dunia menuju ke kehidupan yang kekal yaitu akhirat. Mudah-mudahan dengan kita mengerti akan hikmah yang begitu mulia dari sebuah pernikahan mengukuhkan kita untuk senantiasa menjadikan pernikahan sebagai sebuah landasan untuk kita beribadah pada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar